Saturday, January 11, 2020

Profil Diniyah

MADRASAH DINIYAH ZUMROTUT THOLIBIN KACANGAN
Madrasah Diniyah Zumrotut Tholibin adalah institusi pendidikan di bawah naungan Yayasan Zumrotut Tholibin. Tidak jauh berbeda dengan diniyah pada umumnya yang penyelenggaraannya dilakukan pada sore hari. Pelaksanaan pendidikan di diniyah ini dimulai jam 15.30 dan diakhiri jam 17.00 WIB (ba’da ashar).
Madrasah Diniyah Zumrotut Tholibin merupakan bentuk pengembangan pendidikan yang ada di Pondok Zumrotut Tholibin. Pembelajaran di dalamnya memadukan antara metode salaf dan modern yang membagi kelompok belajar menjadi beberapa jenjang, yaitu jenjang Ibtida’, Tsanawiyah, dan Aliyah.
Muatan kurikulum yang ada di diniyah diantaranya Ilmu Tauhid, Fiqih, Nahwu, Shorof, Balaghoh, Aqidah, Al-Qur’an, Hadits, Tajwid, Tafsir, Tarikh, Akhlak, dan Tasawuf. Dan diantara kitab-kitab yang dikaji yaitu Aqidatul 'Awam, Jawahirul Kalamiyyah, Matan Jurumiyah, Taqrirot Al Imrithi, Taqrirot Qowaidul I'rob, Taqrirot Alfiyah Ibnu Malik, Khulasoh Nurul Yaqin, Tafsir Jalalain, Bulughul Marom, dan Ihya' ulumuddin.
Para pengajar (ustadz) diniyah berasal dari beberapa kalangan. Diantaranya ustadz dari Pondok Zumrotut Tholibin sendiri, dari MA Al-Azhar, MTs Ma’arif, serta dari lingkungan sekitar baik alumnus Pondok Zumrotut Tholibin, alumnus pondok modern, maupun masyarakat sekitar.

Post a Comment

ZUMROTUT THOLIBIN

...

Whatsapp Button works on Mobile Device only