Saturday, January 11, 2020

Program Unggulan Mts Maarif

A. Program Unggulan
  1. Bimbingan Tahfidz juz ‘amma
  2. Bimbingan fasholatan
  3. Bimbingan BTA
  4. Bimbingan prestasi akademik (IPA, MTK, B. Inggris, B. Arab)
  5. Pengembangan bakat dan minat (olahraga dan seni)
  6. Kajian putri
  7. Peringatan Hari Besar Islam
  8. Kegiatan ekstra (pramuka, drumband, dll)
  9. Kegiatan Native Speaker dari luar negeri
  10. Kegiatan Manasik Haji
B. Uraian Program Unggulan
  1. Bimbingan Tahfidz juz ‘amma
    Bimbingan tahfidz juz ‘amma termasuk program menghafalkan Al-Qur’an. Para siswa awalnya dibimbing menghafalkan Al-Qur’an juz 30. Setelah hafal dan lolos tes, para siswa akan mengikuti wisuda tahfidz juz ‘amma. Selanjutnya, para siswa dibimbing menghafalkan surat-surat Al-Munjiyat, seperti surat Yasin, Ar-Rahman, Al-Mulk, dll.
  2. Bimbingan fasholatan
    Bimbingan fasholatan adalah program yang mengajarkan anak untuk menjalankan sholat dengan baik dan benar. Selain menghafalkan bacaan-bacaan dalam sholat, program ini juga mewajibkan para siswa melaksanakan tes praktik. Dengan demikian, diharapkan siswa lulusan MTs Ma’arif sudah dapat menjalankan sholat dengan baik dan benar, baik bacaannya maupun gerakannya.
  3. Bimbingan BTA
    Bimbingan BTA adalah program membaca Al-Qur’an. Para siswa dibimbing cara membaca Al-Qur’an menggunakan tajwid yang benar. Bagi siswa yang belum dapat membaca huruf arab diberi bimbingan khusus membaca Iqro’.
  4. Bimbingan prestasi akademik (IPA, MTK, B. Inggris, B. Arab)
    Bimbingan ini ditujukan kepada para siswa yang unggul dalam mata pelajaran tertentu, seperti IPA, MTK, B.Inggris, dan B.Arab. Siswa yang memiliki keunggulan dalam mata pelajaran tersebut akan diberikan bimbingan secara khusus dan disiapkan sebagai calon peserta berbagai perlombaan. Harapannya, selain berprestasi di dalam sekolah sendiri, siswa-siswa juga dapat meraih prestasi di tingkat-tingkat kabupaten bahkan provinsi dan nasional.
  5. Pengembangan bakat dan minat (olahraga dan seni)
    Program ini dirancang untuk memfasilitasi bakat dan minat para siswa. Para siswa akan dibimbing sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing. Sehingga bakat terpendam dalam diri siswa diharapkan dapat dikeluarkan dan dikembangkan dengan optimal. Seperti halnya olahraga atletik, badminton, voli dan seni tilawah, murrotal, rebana, pencak silat, dan pencak silat pagar nusa. Program ini dilaksanakan setiap hari sabtu.
  6. Kajian putri
    Sesuai dengan namanya, program ini hanya dilaksanakan oleh murid perempuan. Program ini dilaksanakan pada hari Jum’at dan bersaam kegiatan sholat jum’at. Saat anak laki-laki menjalankan sholat jum’at, anak perempuan melaksanakan kegiatan kajian putri.
    Di dalam kajian putri, anak-anak dibimbing untuk menjalankan tugas-tugas dalam sebuah acara. Disini, anak-anak akan praktik sebagai pembawa acara, pembaca qiro’ah, bahkan sampai berpidato yang didengarkan oleh teman-temannya. Kegiatan ini dapat melatih mental dan keterampilan anak saat tampil di masyarakat.
  7. Peringatan Hari Besar Islam
    Peringatan Hari Besar Islam sudah menjadi rutinitas di MTs Ma’arif Andong. Diantaranya adalah penyembelihan hewan qurban, peringatan hari Muharram dengan memberikan santunan kepada anak-anak yatim/piatu, dan peringatan Maulid Nabi.
  8. Kegiatan ekstra (pramuka, drumband, dll)
    Kegiatan ekstra di MTs Ma’arif meliputi pramuka, drumband, dan pengembangan bakat minat siswa.
  9. Kegiatan Native Speaker dari luar negeri
    Kegiatan Native Speaker adalah program belajar sehari dengan mendatangkan pembicara dari luar negeri. Program ini diadakan setiap setahun sekali. Pembicara yang didatangkan biasanya dari Amerika, Australia, dan Belanda.
  10. Manasik Haji
    Manasik Haji adalah kegiatan rutinan yang dilaksanakan bersamaan dengan perayaan hari raya Idul Adha. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengenalkan para siswa tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan saat ibadah haji.

Post a Comment

ZUMROTUT THOLIBIN

...

Whatsapp Button works on Mobile Device only